Trigeminal Neuralgia : Ciri – Ciri Penyakit Trigeminal Neuralgia

Apa itu Trigeminal Neuralgia ?

Image result for trigeminal pain
Source Google Image

Apakah wajah anda mengalami rasa nyeri yang terasa tajam, perih, seperti tersengat aliran listrik  pada kening, pipi, atau rahang. Atau apakah anda mengalami sakit gigi yang tidak kunjung diketahui penyebabnya meskipun sudah berulang kali dilakukan bermacam-macam prosedur pemeriksaan gigi dan perosedur cabut gigi.

Anda mungkin mengalami Trigeminal Neuralgia atau disebut juga dengan Tic Doloureaux yang terjadi akibat gangguan pada saraf TRIGEMINAL.

Trigeminal neuralgia merupakan sindrom nyeri hebat pada wajah sesuai dengan área cabang aliran saraf trigeminal dengan pola serangan yang sering (berkali-kali muncul) dan dalam waktu yang singkat.

Apa itu Saraf Trigeminal ?

Saraf Trigeminal sendiri merupakan nama sebutan untuk saraf kranial yang kelima (5th cranial nerve) dari total 12 saraf kranial (saraf yang langsung keluar dari otak).

Fungsi utama saraf ini adalah menyalurkan rasa / sensasi sensoris dari reseptor di wajah menuju pusatnya di otak. Saraf ini juga berperan ketika anda menggerakan otot wajah saat mengunyah dan menggigit.

Apakah yang menyebabkan Trigeminal Neuralgia ?

Gangguan pada saraf trigeminal dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab antara lain multiple sclerosis, tumor yang menekan saraf trigeminal, sindroma lupus, artritis rematoid dan jepitan atau penekanan oleh pembuluh darah (arteri/vena).

Penyebab yang tersering adalah penekanan saraf trigeminal oleh pembuluh darah disekitar saraf. Akibatnya adalah rasa nyeri yang intense dan terasa tajam pada kening, pipi, atau rahang yang sering muncul saat mengunyah, terkena udara dingin, saat sikat gigi, dan bahkan saat berbicara.

Bagaimana cara mendiagnosa Trigeminal Neuralgia?

Pemeriksaan yang dibutuhkan adalah penelurusuran riwayat penyakit pasien (seperti karakteristik nyeri, atau adakah keluhan-keluhan saraf yang menyertai) dan pemeriksaan MRI Kepala khusus saraf trigeminal. MRI sangat penting untuk memisahkan penyebab-penyebab lain seperti multiple sklerosis dan tumor.

Riwayat nyeri yang khas seperti rasa nyeri yang intense, terasa teriris benda tajam, dan kadang terasa seperti tersengat aliran listrik pada kening, pipi, atau rahang yang sering muncul saat mengunyah, terkena udara dingin, saat sikat gigi, dan bahkan saat berbicara.

Gejala khas lain adalah riwayat sakit gigi yang tak kunjung sembuh namun tidak ditemukan kelainan pada daerah gigi. Ketika dokter gigi anda sudah mulai bingung untuk menemukan penyebab nyeri pada gigi atau rahang anda, atau anda sudah berulang kali melakukan cabut gigi tapi nyeri tetap ada, anda harus mewaspadai bahwa penyebab nyeri anda adalah trigeminal neuralgia.

 

Apakah ada obat-obatan yang bisa meredakan nyeri akibat Trigeminal Neuralgia ?

Obat-obatan yang biasa diberikan untuk meredakan nyeri akibat trigeminal neuralgia adalah jenis carbamazepin (tegretol). Meskipun obat ini termasuk obat anti kejang, obat ini efektif mengurangi nyeri akibat trigeminal neuralgia karena efeknya yang bekerja sementara untuk memperlambat proses konduksi pada saraf dan mengurangi aktifitas yang berlebihan pada jalur saraf.

Pesan :

Bila dokter gigi anda atau dokter pribadi anda menyebutkan bahwa anda kemungkinan mengalami trigeminal neuralgia, anda dianjurkan untuk segera berkonsultasi dengan dokter bedah saraf dan menjalani prosedur pemeriksaan MRI. Semoga bermanfaat !

Bagaimana penanganan Trigeminal Neuralgia ?

Salam hormat,

 

Gibran A Wibawa, dr., SpBS., MBA.

 

Informasi lebih lanjut dapat anda akses melalui layanan whatsapp yang kami sediakan

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Whatsapp dr Spesialis kami, Free!