Operasi PELD dan PECD untuk mengatasi saraf terjepit

Hampir sepuluh pasien baru setiap minggu melakukan konsultasi dan menjalani tindakan minimal invasif terkait keluhan terkait gangguan syaraf terjepit di tulang belakang dengan keluhan yang beragam tergantung lokasi jepitannya, baik itu leher (cervical) atau pinggang (lumbosacral). HNP C56 , HNP L45, HNP L51 merupakan variasi kasus terbanyak yang datang untuk berobat.

Keluhan terbanyak yang dialami oleh penderita hnp cervical adalah kesemutan pada tangan, nyeri menjalar dari bahu ke lengan bawah, serta tangan terasa berat ketika diangkat atau saat menggenggam sesuatu. Keluhan tersebut bisa muncul satu-satu atau dapat pula dialami bersamaan.

Sedangkan keluhan terbanyak yang dialami oleh penderita hnp lumbal adalah nyeri pada tungkai, sebagian besar pada bokong yang menjalar ke paha belakang, dan kadang hingga betis. Beberapa pasien juga mengeluhkan kesemutan pada punggung dan telapak kaki. Pada kasus yang berat pasien kesulitan untuk tidur terlentang dan kadang hanya bisa tidur membungkuk (nungging).

Untuk melonggarkan saraf yang terjepit dapat menggunakan metode dekompresi disektomi melalui irisan luka operasi yang minimal. Akses yang digunakan menggunakan teropong dengan diameter bervariasi mulai 0.7 cm hingga 1.8 cm tergantung berat ringannya kasus. Lama tindakan tergantung dari berat ringan nya dan berapa titik jepitan yang harus di operasi.

Pasca operasi pasien langsung dapat merasakan perubahan yang sangat signifikan karena nyeri telah teratasi. Pasien disarankan untuk tetap tenang dan tidak “overexcited” walaupun keluhan sudah hilang dan segera melakukan aktivitas biasa secara bertahap dengan menghindari sementara gerakan squat (jongkok), bungkuk, melintir badan (twisting), angkat-angkat beban berat, duduk sila dilantai, kasur yang terlalu ambles, dan gerakan menghentak seperti loncat.

Metode pembedahan dengan teknik minimal invasif ,termasuk endoskopi untuk leher PECD dan untuk lumbal PELD, mengalami perkembangan di Indonesia. Tahir Neuroscience Center (TNC) – Mayapada Hospital Lebak Bulus memiliki unit pelayanan bedah minimal invasif saraf tulang belakang didukung dengan fasilitas lengkap dan tenaga dokter spesialis ahli dibidangnya. Salah satu unggulan layanan TNC adalah pemasangan spinal cord stimulation dan Targeted Drug Delivery (TDD) untuk kasus nyeri kronis akibat kanker atau kelainan lain.

Dengan konsep one stop solution 24/7, kami melayani konsultasi, proses diagnosis, hingga tindakan terapi baik pembedahan dan non – pembedahan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Whatsapp dr Spesialis kami, Free!