Saraf terjepit pada tulang belakang? Apakah perlu operasi?

Pertanyaan yang paling sering diajukan oleh pasien-pasien penderita HNP / jepitan saraf leher adalah apakah saya perlu di operasi atau tidak.

 

Berikut adalah ciri-ciri dimana seorang penderita HNP atau jepitan saraf leher, yang sudah terdiagnosis secara klinis dan radiologis, membutuhkan operasi :

 

1.Nyeri leher dan/atau Nyeri yang menjalar ke lengan

 

Jika seorang pasien mengalami nyeri selama 6 minggu hingga 12 minggu yang tidak berkurang atau tidak membaik bahkan bertambah berat walaupun dengan pemberian obat macam-macam serta sudah menjalani berbagai terapi fisik (fisioterapi, dll), pasien tersebut dianjurkan untuk segera dilakukan operasi pembebasan saraf terjepit atau operasi HNP. Akan tetapi bila anda mengalami nyeri hebat pada minggu pertama dan kedua tetapi membaik secara signifikan pada minggu-minggu selanjutnya walaupun masih terasa sedikit namun tidak mengganggu, anda tidak perlu menjalani operasi dan cukup pada terapi-terapi non operatif.

 

2. Rasa kebas/tebal/kesemutan pada bahu/lengan/tangan

 

Rasa kebas/tebal/semutan adalah suatu pertanda bahwa saraf anda sudah mulai mengalami proses kerusakan kronik akibat jepitan saraf. Hal tersebut sangat mengganggu produktifitas pasien, seperti menjatuhkan benda secara tidak sengaja karena genggaman kurang terasa saat memegang benda

 

 

3. Kelemahan anggota tubuh

 

Gangguan kekuatan motorik / kelemahan otot / “keple” dapat mempengaruhi kualitas hidup. Pada awalnya pasien akan memasuki fase menyangkal dan memasuki fase menerima kenyataan bahwa ada bagian tubuhnya yang tidak berfungsi semestinya, akan tetapi saat ini rata-rata “life expectancy” manusia di seluruh dunia sudah meningkat. Merupakan hal yang sangat awam menemui lansia berumur 70-80 melakukan aktivitas sehari-hari dengan kondisi sehat bugar. Jika pasien berumur 40-70 dan merasa mampu hidup bertahan dengan kondisi salah satu anggota tubuhnya mengalami kelumpuhan hal itu adalah kekeliruan. Genggaman tangan melemah, jalan sering tersandung, merupakan salah satu dari beberapa contoh kasus kelemahan otot akibat jepitan saraf. Maka dari itu kelemahan otot merupakan salah satu indikasi dimana pasien akan sangat disarankan untuk operasi. Dengan demikian fungsi neurologis dari saraf yang terjepit dapat pulih dan membaik.

 

Tiga hal tersebut adalah tiga indikasi umum apakah pasien perlu operasia tau tidak tentu dengan mempertimbangkan perjalanan penyakit dari minggu ke minggu, dan apakah terjadi perbaikan atau keluhan bertambah buruk. Namun pada kasus dimana keluhan terasa sangat berat pasien tidak perlu menunggu berminggu-minggu untuk mendapatkan terapi dan harus segera dilakukan tindakan operasi. Semoga bermanfaat !

 

Salam hormat,

Gibran A Wibawa, dr., Sp.BS., MBA.

 

Informasi lebih lanjut dapat anda akses gratis melalui layanan whatsapp yang kami sediakan

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Whatsapp dr Spesialis kami, Free!