Operasi HNP Tulang Belakang Dengan Endoskopi

Operasi Endoskopi HNP

Operasi HNP Tulang Belakang Dengan Endoskopi

Indonesia merupakan negara berkembang dengan populasi lebih dari dua ratus juta penduduk. Bila berdasarkan data WHO dimana 5% populasi penduduk menderita nyeri punggung belakang maka seharusnya terdapat jutaan penduduk Indonesia yang mengeluhkan nyeri pinggang belakang. Masalahnya adalah keterbatasan akses kesehatan, rendahnya promosi kesehatan (pergi ke dukun pijat, klinik alternatif, dll), mahalnya biaya kesehatan, dan takut ke rumah sakit.

Penyebab nyeri punggung

Salah satu penyebab nyeri punggung belakang adalah saraf terjepit akibat HNP. HNP sendiri kepanjangan dari Herniated Nucleus Pulposus yang merupakan penonjolan bantalan sendi yang terletak di antara dua tulang belakang, mulai dari leher sampai ke pantat.

Penanganan HNP

Penanganan HNP sendiri terdiri dari yang paling ringan (non-operasi) sampai yang paling berat yaitu operasi. Tatalaksana paling ringan mulai dari obat-obatan, fisioterapi, chiropraktik, dan terapi intervensi nyeri. Bila hal tersebut sudah tidak mampu lagi mengatasi / mengurangi rasa nyeri maka opsi terakhir adalah operasi.

Banyak sekali pasien yang menahan-nahan sakit hanya karena takut di operasi. Salah satu solusi terhadap masalah tersebut adalah teknik minimal invasif berupa endoskopi. Operasi endoskopi HNP pada tulang belakang bagian pinggang merupakan teknik minimal invasif yang telah diterapkan diberbagai penjuru dunia. Endoskopi adalah suatu sistem yang mengkombinasikan teleskop beresolusi tinggi, sumber cahaya LED, yang tersambung dengan pipa berdiameter kecil yang berfungsi untuk irigasi maupun untuk akses bedah.

Manfaat operasi endoskopi

Operasi endoskopi memberi efek yang sangat baik untuk mengatasi keluhan nyeri pinggang belakang yang menjalar ke kaki yang biasanya disebabkan oleh jepitan saraf murni akibat HNP tanpa disertai pergeseran tulang belakang (instabilitas).

Prinsip tindakan endoskopi adalah mengurangi atau mengambil bantalan HNP yang menjepit saraf sehingga saraf tersebut terbebas dari jepitan.

Jenis-jenis teknik endoskopi ada tiga, yaitu interlaminar, posterolateral, dan transforaminal. Teknik transforaminal saat ini paling digemari oleh dokter maupun pasien. Teknik ini dapat dilakukan dengan bius lokal (pasien sadar) dengan posisi tengkurap, dengan satu lubang operasi dengan lebar hanya sekitar 0.5-0,8 sentimeter sehingga pada sebagian besar kasus tidak dibutuhkan jahitan (stitchless technique) atau operasi tanpa perlu jahitan. Hal tersebut dikarenakan instrumen-instrumen bedah yang digunakan berdiameter rata-rata 0.5 cm.

Untuk kasus hnp simpel pada satu lokasi, operasi endoskopi hnp ini berdurasi sekitar 30-45, namun durasi dapat bertambah bila didapatkan kasus multiple hnp. Seluruh pasien dapat menjalani program “One Day Care” atau tidak perlu menginap hal tersebut dikarenakan prosedurnya singkat dan menggunakan anestesi lokal.

Hal penting yang diperlukan diperhatikan sebelum melakukan tindakan ini adalah pemeriksaan radiologis. Dokter bedah saraf anda akan menganjurkan anda untuk melakukan pemeriksaan X-ray tulang belakang (fleksi ekstensi lumbosakral) dan MRI Lumbosacral tanpa kontras.

Biaya operasi HNP dengan endoskopi

Biaya operasi tindakan ini bervariasi sekitar 30-60 juta tergantung dari kondisi pasien yang berbeda-beda. Beberapa pusat layanan bedah saraf seperti di RSU Adhyaksa, Jakarta dan OMNI Pulomas, Jakarta,  menerima layanan BPJS dengan ketentuan berlaku.

Untuk menjamin keamanan dan kelancaran operasi, setiap pasien akan menjalani beberapa prosedur pemeriksaan sebelum operasi untuk mengetahui apakah ada penyakit-penyakit penyerta seperti kencing manis, darah tinggi, penggunaan pengencer darah dll sehingga tim dokter dapat memberikan terapi-terapi khusus bila diperlukan.

Semoga bermanfaat !

Salam Hormat,

Gibran A Wibawa, dr., SpBS., MBA.

 

Informasi lebih lanjut dapat anda akses gratis melalui layanan whatsapp yang kami sediakan

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Whatsapp dr Spesialis kami, Free!